Soal Cerita Matematika Kelas 2
Contoh soal cerita matematika kelas 2 sd !
1. Contoh soal cerita matematika kelas 2 sd !
Jawaban:
Soal cerita matematika kelas 2 SD pengukuran
1. Soal cerita matematika kelas 2 SD tentang waktu
Kakak pergi ke Bogor dari Jakarta dengan kereta api pukul 10 pagi dan tiba di Bogor pukul 11 pagi. Berapa lama kakak di perjalanan?
A. 3 jam
B. 2 jam
C. 1 jam
Jawaban: C
Pembahasan:
Jam tiba dikurang jam pergi 11-10= 1
Lama kakak di perjalanan = 1 jam
2. Soal Cerita Matematika Kelas 2 SD satuan berat
Ibu memiliki 2 toples gula pasir. Dalam satu toples terdapat 1 kg dan 2 ons gula pasir. Keesokan harinya, ibu mengambil gula pasir dari toples sebanyak 4 ons. Berapa sisa gula pasir di toples tersebut?
A. 10 ons
B. 8 ons
C. 5 ons
Jawaban: B
Pembahasan:
Jumlah gula pasir adalah 1 kg 2 ons
1 kg = 10 ons
10 ons + 2 ons = 12 ons
Gula pasir diambil ibu 4 ons.
Sisa gula = jumlah gula pasir di toples - jumlah gula pasir yang diambil ibu
Sisa gula = 12 ons - 4 ons
Sisa gula = 8 ons
3. Soal Cerita Matematika Kelas 2 SD tentang satuan panjang
Paman Gusta memiliki kebun jagung di belakang rumah sepanjang 500 cm. Berapa panjang kebun yang dimiliki Paman Gusta jika dihitung dalam satuan meter?
A. 5 m
B. 500 m
C. 50 m
Jawaban: A
Pembahasan:
Diketahui panjang kebun jagung 500 cm.
1 m= 100 cm
100 cm = 1 m
500 cm : 100 cm = 5 m.
Penjelasan dengan langkah-langkah:
maaf kak cuman 3 soal
semoga bermanfaat ya....
2. Contoh soal cerita matematika kelas 2 sd tentang pembagian 6 dan 7
Penjelasan dengan langkah-langkah:
pembagian 6.
ibu membeli kue nastar 36 buah. lalu ibu ingin membungkus ke dalam 6 plastik. berapakah Jumlah nastar di tiap plastik?
jwbnnya: 36:6= 6 nastar tiap plastik
pembagian 7.
Suatu hari kakek datang dengan membawa sekantung penuh cokelat. Kakek ingin membagi cokelat tersebut untuk 7 orang cucunya secara adil sama banyak. Apabila jumlah cokelat yang dibawa kakek adalah 252 butir, berapakah cokelat yang diterima oleh setiap cucu kakek?
jwbnnya: 252:7=36 cokelat
hehe semangat sekolahnya ❤️
Jawab:
1. Suatu hari andi menjanjikan 6 temannya akan memberikan kelereng sama rata karena Andi berhasil mendapat peringkat pertama di kelasnya. Keesokan harinya andi membeli kelereng sejumlah 60 kelereng. Maka masing masing teman andi mendapatkan berapa kelereng?
2. 49 burung terbang diudara lalu mereka memecah kelompok menjadi 7 dengan jumlah sama rata. maka jumlah burung dimasing kelompok ada berapa.....
Penjelasan dengan langkah-langkah:
3. Bantu ya kak Berikan contoh 2 soal cerita matematika kelas 5 SD
1. Aldo mempunyai 1/4 kg kopi. Kopi itu baru saja digunakan untuk membuat minuman 1/8 kg. Berapa sisa kopi yang dimiliki Aldo sekarang?
2. Ani adalah seorang penjahit. Untuk membuat celana panjang diperlukan 1 1/8 meter kain, sedangkan untuk membuat kemeja lengan pendek diperlukan sebanyak 1 1/2 meter. Berapa meter yang diperlukan untuk membuat 2 celana panjang dan 2 kemeja lengan pendek?
Maaf klo slh, semoga membantu ya
4. Fira mempunyai 4 potong pita biru,setiap pita panjangnya 1/2 meter. Ia juga mempunyai 4 potong pita putih, setiap pita panjangnya 1/3 meter. Panjang seluruh pita Fira adalah soal cerita matematika kelas 5
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah:
4 x 1/2= 4/1 x 1/2= 4/2 pita biru
4 x 1/3= 4/1 x 1/3= 4/3 pita putih
4/2 + 4/3= 12/6 + 8/6= 20/6= 10/3= 3 1/3 panjang seluruh pita
Hi, kamu. FOLLOW Hiiiiii1, JADIKAN JAWABAN TERBAIK dan TERIMA KASIH jangan lupa!
5. pada pertunjukan wayang terjual karcis sebanyak 450 lembar.harga karcis kelas 1 Rp.8000 sedangkan harga karcis kelas 2 Rp.7000 dari hasil penjualan seluruh karcis di peroleh uang Rp.3.400.000.tentukan lah: a.model matematika dari soal cerita tersebut b.tentukan banyak karcis masing-masing kelas yang terjual
Misal: Karcis 1 = x
Karcis 2 = y
a. Model Matematika
x + y = 450
8.000 x + 7.000y = 3.400.000
b.
x + y = 450 <=> x = 450 - y
8.000x + 7.000y = 3.400.000
8x + 7y = 3.400
8(450 - y) + 7y = 3.400
3.600 - 8y + 7y = 3.400
-y = 3.400 - 3.600
-y = -200
y = 200
x = 450 - y
x = 450 - 200
x = 250
Jadi, banyak karcis kelas 1 yang terjual sebanyak 250 karcis dan karcis kelas 2 sebanyak 200 karcis
jumlah karcis kelas 1 = a
jumlah karcis kelas 2 = b
a+b=450
b=450-a
(8000×a)+(7000×b)=3400000
(8000×a)+(7000×(450-a)=3400000
8000a+3150000-7000a=340000
8000a-7000a=3400000-3150000
1000a=250000
a=250000/1000
a=250
b=450-250
b=200
karcis kelas 1 : 250 lb
karcis kelas 2 : 200 lb.
6. Hari ini Beni pergi ke Sekolah. Beni duduk di kelas dua SD. Beni bertemu banyak teman dikelas. Ada Edo, Udin, Lani, dan Dayu. Waktu istirahat tiba, Beni bermain di halaman SekolahAda yang bermain kelereng, bermain tali dan bekel.Kerjakanlah Soal Berikut:1. Apakah judul cerita yang cocok untuk cerita di atas?2. Dimanakah Beni dan teman-teman saat istirahat sekolah?3.Apa saja permainan yang mereka main saat istirahat tiba?4. Apa yang kamu lakukan saat istirahat di sekolah bersama teman-teman?5. Mengapa saat istirahat anak-anak tidak diperbolehkan bermain di kelas?MatematikaContoh:Bagaimana caranya membagikan 6 butir kelereng kepada 3 orang agar setiap orang mendapat
jawaban:
1.kegiatan beni di sekolah
2.halaman sekolah
3.kelereng,tali,dan bekel
4.bermain atau ke kantin
5.agar lelas tidak berantakan
maafkalausalah
7. tolong bantu invers matematika kelas X soal ceritadiketahui suaru pabrik tahu membuat tahu dari bahan kedelai. pabrik tersebut menggunakan dua mesin. Mesin 1 membuat X kedelai menjadi bahan setengah jadi dengan rumus Q(X) = 2X+3. Kemudian bahan setengah jadi dimasukkan mesin ke 2 dengan rumus P(X) = X^2+5 menjadi tahu. Jika ada 5kg kedelai makan berapa banyak tahu yang bisa dibuat ?
Jawab:
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Qx=2x+3
Px=x²+5
P(Qx)=(2x+3)²+5
=4x²+12x+9+5=4x²+12x+14
x= 5 kg
Jadi
4(5)²+12(5)+14=4(25)+60+14
=100+60+14=174 kg
8. Pagi itu, seperti biasanya, aku bangun lebih awal dari kedua adikku. Karena akhir-akhir inicuaca kurang bersahabat maka aku bergegas ke dapur untuk memasang api lalu menjerangair panas. Beberapa menit kemudian air yang kujerang sudah panas dan aku mengambilbeberapa gayung untuk mandi setelah mandi aku siap dan berangkat ke sekolah lebih awal,karena hari itu kami akan mengikuti ulangan matematika. Setiba di sekolah aku langsungbergegas ke ruang kelas, dan ternyata kelas masih sepi. Di ruang guru sdh ada beberapaguru dan bapak kepala sekolah, termasuk guru matematikaku. Dari ujung Perpustakaankulihat Dewi yang berlari-lari menelusuri lorong kompiuter dan ruang kelas XI IIS I dan2. Hatikupun mulai tenang, karena aku menunggunya dari tadi untuk meminjam catatanmatematikanya. Setibanya dia di ruang kelasku, aku mendekatinya dan meminjam catatanmatematikanya. Kemipun berdiskusi tentang beberapa latihan soal yang belum akumengertia. Analisislah cuplikan cerita di atas berdasarkan unsur intrinsiknya!b. Pesan-pesan apa, yang disampakan penulis dalam cerpen tersebut?
Jawaban:
a. Unsur Intrinsik
Alur : Alur MajuTema : Kegiatan SekolahPenokohan : Aku dan DewiLatar : Rumah, Dapur, Ruang Kelas, Ruang Guru, Perpustakaan, Lorong komputer.b. Yang dapat kita ambil, datanglah ke sekolah tepat waktu dan gunakan waktumu sebaik mungkin.
9. Kelas = 7 SMPMateri = Aritmatika SosialMapel = MatematikaSoal Cerita 2Elderberry telah sampai di Toko Sepatu yang mengadakan diskon besar besaran. Elderberry membeli dua pasang sepatu. Sepatu Pertama Seharga Rp. 400.000,- dan didiskon 50%, Sedangkan Sepatu Kedua Seharga Rp. 1.000.000,- didiskon 25%. Tentukanlah Uang yang harus dikeluarkan Elderberry!
》》Jawaban《《
Uang yang harus dibayar = 950.000✔
Cara difoto!!
⇒JawabRp 950.000,00
[tex]~[/tex]
⇒Penyelesaian→ Sepatu pertama:
Rp 400.000,00 × 50%
400.000 × 50/100
400.000 × 1/2
200.000
Harga menjadi: 400.000 - 200.000 = Rp 200.000,00
[tex]~[/tex]
→ Sepatu kedua:
Rp 1.000.000,00 × 25%
1.000.000 × 25/100
1.000.000 × 1/4
250.000
[tex]~[/tex]Harga menjadi: 1.000.000 - 250.000 = Rp 750.000,00
[tex]~[/tex]
→ Uang yang harus dikeluarkan:
Rp 200.000,00 + Rp 750.000,00
Rp 950.000,00
[tex]~[/tex]
⇒Detail JawabanMapel: MatematikaKelas: 7 (1 SMP)Materi: Bab 7 - Aritmatika SosialKode Soal: 2Kode Kategorisasi: 7.2.710. Bu Linka membeli 2 bungkus gula pasir. Setiap bungkus beratnya 0,5 kg. Kemudian Bu Linka menggunakan gula untuk membuat kopi 2/4 kg. Sisa gula yang di miliki Bu Linka sekarang adalah......Pelajaran : Matematika Soal CeritaKelas : VI ( SD )
Penjelasan dengan langkah-langkah:
2 x 0,5 = 1 kg gula dimiliki
1 - 2/4 =
4/4 - 2/4 =
4-2/4 = 2/4 atau jika disederhanakan jadi 1/2 atau 0,5 kg
Jawaban:
jadi sisa gula adalah 1/2 kg atau 0,5 kg
Penjelasan dengan langkah-langkah:
• 2 bungkus x 0,5 kg = 2 x 5/10 = 10/10 = 1 kg
• 1 kg - 2/4 kg = 4/4 - 2/4 = 2/4 = 1/2 kg atau 0,5 kg
11. Mari mengerjakan soal-soal cerita berikut ini!1. Paman memiliki sebuah pigura foto. Panjang pigura foto itu25 cm sedangkan lebarnya 10 cm. Berapa keliling pigura fotoPaman?Kalimat Matematika:Jadi,2. Sekolah Melati memiliki lapangan dengan panjang 20meter dan lebar 14 meter. Berapa keliling lapangan sekolahMelati?Kalimat Matematika:Jadi,3. Pak Soni memiliki kebun panjangnya 60 meter dan lebarnya42 meter. Berapa meter keliling kebun Pak Soni?Kalimat Matematika:Jadi,Kelas lil F81
Jawab:
1.) 2 x (p + l) = 2 x (25 + 10) = 2 x 35 = 70 cm
2.) 2 x (p + l) = 2 x (20 + 14) = 2 x 34 = 68 m
3.) 2 x (p + l) = 2 x (60 + 42) = 2 x 102 = 204 m
12. 1.sebuah kelas berisi 48 siswa. siswa yg berusia 12 tahun sebanyak 16 siswa, siswa yg berusia 13 tahun sebanyak 24 siswa dan sisanya berusia 14 tahun. berapa persen siswa yg berusia 14 tahun?2.sebuah kelas berisi 48 siswa. siswa yg berusia 12 tahun sebanyak 16 siswa, siswa yg berusia 13 tahun sebanyak 24 siswa dan sisanya berusia 14 tahun. berapa persen siswa yg berusia 14 tahun?tolong di jawab ya kak soal matematika nya soal cerita berbentuk persen kak
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1) 100% = 48 siswa
12tahun = 16siswa
13 tahun = 24 siswa
14 tahun = 48- (16+24) = 8siswa
8/48 × 100%= 16,67%
13. 1. Buatlah 5 soal bilangan negatif dan positif 2. Buatah 5 soal luas dan keliling lingkaran 3. Buatlah 5 soal kpk dan fpb 4. Buatlah 5 soal cerita 5. Buatlah 5 soal skala 6. Buatlah 5 soal kordinat 7. Buatlah 5 soal pecahan MATEMATIKA KELAS 6 PAS (Beserta kunci jawaban dan langkah-langkah pengerjaan)
Jawaban:
1.(–5)+4=–1
2.2×3.14×4=....
rumus no 2.=2π×r
Penjelasan dengan langkah-langkah:
1.–5 biisa diperumpamakan sebagai utang dan 4 adalah uang untuk membayar hutangnya jadi 5–4=-1. –1adalah hutang sekarang.
14. Soal Cerita Dalam suatu kelas terdapat 32 siswa diantaranya 16 siswa gemar pelajaran matematika. 18 siswa gemar pelajaran IPA dan 5 orang siswa gemar pelajaran matematika dan ipa(gemar kedua duanya) 1.gambarlah diagram Ben untuk menunjukkan keadaan cerita diatas? 2.berapa orang yang gemar pelajaran matematika? 3.berapa orang siswa yang hanya gemar pelajaran IPA? 4.berapa orang siswa yang tidak gemar matematika dan ipa (tidak gemar kedua duanya)?
Jawaban:
Jangan lupa dipelajari dan dipahami ya:)
15. Quiz - MTK ------------------------------ Mapel : Matematika Kelas : 3 sd - 6 sd Bab : Jarak , Kecepatan Dan waktu ------------------------------ Cerita : Pada suatu hari Daniel sedang berjalan di treadmill dari jam 15:15 sampai 15:45 jika daniel memulai berjalan dengan kecepatan 4,5 km/jam ------------------------------------- Soal : 1.) Berapa jarak yang ditempuh? 2.) Jika daniel berjalan sambil mendengarkan playlist lagu (1 jam 4 menit) berapa menit lagu yang tersisa? *Based on true story
Jawaban:
[ 1. ] 2,25 km
[ 2. ] 34 menit
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Mencariwaktu→ 15.45 - 15.15
→ 00.30
→ 30 menit
Nomor1-Mencarijarakyangditempuh-•→ K × W
→ 4,5 km/ jam × 30 menit
→ 4,5 km/ jam × ( 30 : 60 ) jam
→ 4,5 km/ jam × 0,5 jam
→ 2,25 km
Nomor 2-Lagu yang tersisa (dalam menit)- •→ 1 jam 4 menit - 30 menit
→ ( 1 jam + 4 menit ) - 30 menit
→ (( 1 × 60 ) + 4 ) - 30 menit
→ ( 60 + 4 ) - 30 menit
→ 64 - 30 menit
→ 34 menit
[tex]\purple{\boxed{\blue{\boxed{\green{\star{\orange{\ \: \: JK \: \: \: {\green{\star}}}}}}}}} [/tex]
[tex]\huge\boxed{\sf{Jawaban:}}[/tex]
Jadi jawaban No 1 adalah 2,25 km.
Jadi jawaban No 2 adalah 34 menit
[tex]\huge\boxed{\sf{Penyelesaian:}}[/tex]
Soal:
Cerita :
Pada suatu hari Daniel sedang berjalan di treadmill dari jam 15:15 sampai 15:45 jika daniel memulai berjalan dengan kecepatan 4,5 km/jam
––––––––––––––––––––––––––––––
Soal :
1.) Berapa jarak yang ditempuh?
2.) Jika daniel berjalan sambil mendengarkan playlist lagu (1 jam 4 menit) berapa menit lagu yang tersisa?
Jawaban:
1. Di bawah↓
Diketahui:
Waktu = 30 menit = ½ jam Kecepatan = 4,5 km / jamDitanya:
Jarak?
Dijawab:
J = k x w
J = 4,5 km / jam x ½ jam
J = 4,5 km / jam x ( 30 ÷ 60 )
J = 4,5 km / jam x 0,5 jam
J = 2,25km
2. Di bawah↓
Mendengar lagu - ½ jam
1 jam lebih 4 menit - 30 menit yang dari ½ jam tadi
= 1 jam x 60 menit + 4 menit - 30 menit
= 60 menit + 4 menit - 30 menit
= 64 menit - 30 menit
= 34menit
Kesimpulan:
Jadi jawaban No 1 adalah 2,25 km.
Jadi jawaban No 2 adalah 34 menit.
Pembahasan~
1. 15.45 - 15.15
= 30menit
= ½jam
Lalu~
30 menit di bagi dengan satuan jam / 60 menit.
––––––––––––––––––––––––––––––
DETAIL JAWABAN:Tingkat;Sekolah Dasar(SD )Kelas:V (5)Mapel:MatematikaMateri:Kecepatan,Jarak dan WaktuBab;-6Satuan waktuKata kunci;Kecepatandan JarakKode:2Kode katagorisasi:5.2.6Semoga bermanfaat dan membantu
Posting Komentar untuk "Soal Cerita Matematika Kelas 2"