Rpp Abad 21 Smp
bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 dalam RPP
1. bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 dalam RPP
1 . Aspek Hots
a. Transfer knowledge ( peserta didik mendapat penjelasan dari guru,peserta didik mempresentasikan hasil percobaan
b. critical dan creative thinking ( peserta didik diarahkan untuk dapat mengajukan pertanyaan, perserta didik melakukan percobaan )
c. Problem solving ( mendiskusikan masalah yang terjadi pada pelaksanaan percobaan)
2. Aspek 5 M
- Mengamati : Mengamati perubahan warna lakmus
- Menanya : Mengapa warna lakmus menjadi berubah ?
- Mengumpulkan informasi : Membaca buku paket
- mengolah data : Mencatat hasil percobaan
- Mengkomunikasikan : Mempresentasikan hasil percobaan
3. 4 Dimensi
- Faktual : Mengamati dengan menggunakan panca indra
- Konseptual : memahami perbedaan asam dan bas
- Prosedural : pengamatan untuk menentukan ciri - ciri asam dan basa
- Metakognitif : dapat menerapkan konsep asam dan basa dalam kehidupan sehari - hari
4. Kecakapan abad 21
- PPK : Tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, religius, integritas
- Literasi : Membaca buku paket , LK, mengamati perubahan warna lakmus
- 4c
a. Creative : melakukan percobaan , membuat kesimpulan
b. Critical : Menanyakan masalah tentang penyakit yang disebabkan oleh asam
c. Colaborative : melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asam dan basa
d. Comunicative : Mempresentasikan hasil praktikum asam basa di depan kelas
2. Bagaimana penggunaan aspek hots. 5m.4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam rpp?
Jawaban:
siswa belajarnya lebih terarah, mereka belajar lebih aktif dan kreatif
Penjelasan:
3. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP yang disusun ?
Penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP yang disusun diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.
PembahasanRPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu syarat yang wajib dipersiapkan oleh seorang guru sebelum melakukan KBM di kelas. RPP dibuat sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Bagian - bagian RPP yang disusun adalah
Identitas sekolah Mata pelajaranKelas dan semesterKurikulum acuanKI dan KDStandar KompetensiKegiatan pembelajaran Materi Pembelajaran Penilaian pembelajaranDalam menyusun RPP diintegrasikan aspek 5M yaitu :
Mengamati - peserta didik diajak untuk mengamati fenomena fenomena alam dan sosial untuk membangkitkan rasa keingin tahuannyaMenanya - peserta didik diminta menanya terkait fenomena fenomena yang diamatiMengumpulkan informasi - peserta didik diminta mengmpulkan informasi terkait hasil pengamatannya dan pertanyaannyaMengolah data - peserta didik dapat menganalisis, menyimpulkan hasil informasi yang diperolehMengkomunikasikan - peserta didik dapat mempresentasikan hasil yang diperoleh, untuk didiskusikan dengan guru dan kelompok yang lainKelima langkah ini menjadi acuan dalam menyusun skenario pembelajaran. Setiap Kd dalam pembelajaran mencakup 5 proses tersebut.
Materi yang disampaikan dengan klasifikasi 4 dimensi pengetahuan, meliputi :
Faktual : materi berdasarkan pengamatan fakta oleh panca inderaKonseptual : memahami konsep, teori dan hukum serta menghubungkan dengan fakta Prosedural : pembelajaran secara terstruktur untuk menguji fakta melalui percobaan Metakognitif : penerapan konsep dalam kehidupan sehari hariAspek HOTS (High Order Thinking Skills) kemampuan berfikir tingkat tinggi, merupakan tingkat soal pada ranah menganalisis. Aplikasi HOTS diintegrasikan pada proses penilaian pembelajaran dalam RPP, dengan 4C, yaitu :
Creative : melakukan percobaan , membuat kesimpulanCritical : Menanyakan masalah tentang penyakit yang disebabkan oleh asamCollaborative : melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asam dan basaComunicative : Mempresentasikan hasil praktikum asam basa di depan kelasPelajari lebih lanjutMateri tentang penyusunan RPP sesuai standar kurikulum 2013 terintegrasi HOTS https://brainly.co.id/tugas/18174731
---------------------
Detil pertanyaanMateri : Umum, Perangkat Pembelajaran
Kata Kunci : RPP, HOTS, Silabus, 4C
4. Bagaimanakah penggunaan aspek hots, 5M, 4dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP bahasa Inggris yang disusun
Jawaban:
gampang
kita hanya harus mempelajari dan memahami betul apa isi yg dipelajari
5. Bagaimana penggunaan aspek hots 5 m 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 didalam Rpp yg disusun
Jawaban:
Penjelasan:
Penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam RPP yang disusun diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.
Pembahasan
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan salah satu syarat yang wajib dipersiapkan oleh seorang guru sebelum melakukan KBM di kelas. RPP dibuat sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Bagian - bagian RPP yang disusun adalah
Identitas sekolah
Mata pelajaran
Kelas dan semester
Kurikulum acuan
KI dan KD
Standar Kompetensi
Kegiatan pembelajaran
Materi Pembelajaran
Penilaian pembelajaran
Dalam menyusun RPP diintegrasikan aspek 5M yaitu :
Mengamati - peserta didik diajak untuk mengamati fenomena fenomena alam dan sosial untuk membangkitkan rasa keingin tahuannya
Menanya - peserta didik diminta menanya terkait fenomena fenomena yang diamati
Mengumpulkan informasi - peserta didik diminta mengmpulkan informasi terkait hasil pengamatannya dan pertanyaannya
Mengolah data - peserta didik dapat menganalisis, menyimpulkan hasil informasi yang diperoleh
Mengkomunikasikan - peserta didik dapat mempresentasikan hasil yang diperoleh, untuk didiskusikan dengan guru dan kelompok yang lain
Kelima langkah ini menjadi acuan dalam menyusun skenario pembelajaran. Setiap Kd dalam pembelajaran mencakup 5 proses tersebut.
Materi yang disampaikan dengan klasifikasi 4 dimensi pengetahuan, meliputi :
Faktual : materi berdasarkan pengamatan fakta oleh panca indera
Konseptual : memahami konsep, teori dan hukum serta menghubungkan dengan fakta
Prosedural : pembelajaran secara terstruktur untuk menguji fakta melalui percobaan
Metakognitif : penerapan konsep dalam kehidupan sehari hari
Aspek HOTS (High Order Thinking Skills) kemampuan berfikir tingkat tinggi, merupakan tingkat soal pada ranah menganalisis. Aplikasi HOTS diintegrasikan pada proses penilaian pembelajaran dalam RPP, dengan 4C, yaitu :
Creative : melakukan percobaan , membuat kesimpulan
Critical : Menanyakan masalah tentang penyakit yang disebabkan oleh asam
Collaborative : melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan asam dan basa
Comunicative : Mempresentasikan hasil praktikum asam basa di depan kelas
6. tolong buat kan rpp (rencana pelaksanaan pembelajaran) SD atau smp??
Standar Kompetensi 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup Kompetensi Dasar 1.1 Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup Tujuan Pembelajaran o Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup o Siswamampu mengidentifikasi kebutuhan makhluk hidup o Siswa mampu menanam sawi dengan benar o Siswa mampu menanam tanaman dengan benar o Siswa mampu merawat tanaman sawi dengan rutin dan benar o Siswa mampu mengolah hasil tanaman sawi o Siswa mampu menulis laporan perkembangan tanaman sawi dengan benar Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin (Discipline), tekun(diligence ) , tanggung jawab (responsibility), dan ketelitian(carefulness) Materi Ajar Ciri-ciri makhluk hidup Tanaman sawi Pendekatan dan Metode Pembelajaran Pendekatan kontekstual. Pendekatan Cooperative Learning. Observasi di lab Langkah-langkah Kegiatan Kegiatan Awal Apersepsi : – Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk mengawali pelajaran. motivasi : – Bertanya pada siswa apa saja yang makhluk hidup butuhkan untuk bertahan hidup – Siswa menjawab pertanyaan guru. Kegiatan Inti Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, siswa: Menanam tanaman sawi dan cabai untuk diamati Melakukan pemeliharaan (memupuk, menyiram, menyiangi, menggemburkan tanah) pada tanaman sawi dan cabai Mengamati perkembangan tanaman sawi dan cabai Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, siswa: Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup Menulis laporan perkembangan tanaman sawi dan cabai Mempresentasikan laporannya di depan kelas. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, guru: memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik, Kegiatan Penutup Dalam kegiatan penutup, guru: bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan materi ciri-ciri makhluk hidup Sumber/BahanBelajar Buku yang relevan Internet Kebun tanaman F. Penilaian Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen o Mengidentifikasi ciriciri makhluk hidup o Mengidentifikasi kebutuhan makhluk hidup o Menanam sawi dengan benar o Merawat tanaman sawi dengan rutin dan benar o Menulis laporan perkembangan tanaman sawi dengan benar Tugas Individu Laporan dan praktek o Laporan pengamatan tanaman sawi dan pace Format Kriteria Penilaian PRODUK/LAPORAN No. Aspek Kriteria Skor 1. Kesesuaian * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah 4 3 2 1 PERFORMANSI/PEMBUATAN SARI PACE No. Aspek Kriteria Skor 1. 2. Aktif kerjasama * aktif * kadang-kadang aktif * tidak aktif * baik * kadang-kadang baik * tidak baik 4 2 1 4 2 1 Lembar Penilaian No NamaSiswa Performan Produk Jumlah Skor Nilai Aktif Kerjasama 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. CARA BUDIDAYA SAWI Sawi (Brassica juncea) merupakan tanaman semusim yang berdaun lonjong, halus, tidak berbulu Syarat Tumbuh Sawi dapat ditanam di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Akan tetapi, umumnya sawi diusahakan di dataran rendah, yaitu di pekarangan, di ladang, di polibek atau di sawah, jarang diusahakan di daerah pegunungan.Sawi termasuk tanaman sayuran yang tahan hujan.Sehingga ia dapat ditanam di sepanjang tahun, asalkan pada saat musim kemarau disediakan air yang cukup untuk penyiraman. Keadaan tanah yang dikehendaki adalah tanah gembur, banyak mengandung humus.
semoga bermanfaat...
7. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?
Pendidikan di abad 21 merupakan pendidikan yang menggabungkan pengetahuan keterampilan dan sikap yang bisa berkembang disistem pembelajaran yang berbasis aktivitas sesuai dengan kompotensi dan materi pembelajaran.
HOTS memiliki pembelajaran yang mencirikan pengetahuan, kreatif dan berfikir kritis serta menyelesaikan masalah. faktor yang meliputi peserta pendidikan ataupun pembelajaran yaitu prosedur konsep dan fakta.
Pembelajaran HOTS mempraktekkan kemampuannya di abad 21 ataupun 4C yaitu:
melakukan komunikasi
berkolaborasi
menyelesaikan masalah dan berfikir kritis
inovatif dan kreatif
Dari penerapan HOTS tersebut bisa mempraktekan model pembelajaran seperti:
Pembelajaran yang meninjau
Pembelajaran berdasarkan masalah
Pembelajaran berdasarkan proyek
Pendekatan 5 M yaitu :
Mengamati
Bertanya
Mengumpulkan informasi
Mengasosiasi/ menalar
Memberikan komunikasi
Model pembelajaran 5 M yaitu :
Pembelajaran/penemuan
Masalah pembelajaran dasar
Pembelajaran proyek dasar
Ataupun menggunakan motode berdiskusi,sesi tanya jawab, bercerita dll
4 Dimensi
Dimensi proses kognitif yaitu :
C-1 : mengingat
C-2 : Memahami
C-3 : Menerapkan
C-4 : Menganalisis
C-5 : Mengevaluasi
C-6 : Mengreasi
Dimensi pengetahuan
Faktual
Konsep
prosedur
Metakognitif
Kecakapan abad 21
Kualitas karakter adalah bagaimana seorang siswa mampu untuk bertahan dilingkungan yang dinamis seperti : mandiri, religius, nasionalisme, toleransi, integritas, gotong royong, peduli, tanggung jawab, kreatif, peduli lingkungan.
Literasi dasar adalah bagaimana seorang siswa mampu menerapkan keterampilan dasar di lingkungan sehari-hari seperti : literasi berhitung, literasi sains, literasi baca tulis, literasi finansial, literasi teknologi informasi dan komunikasi dan literasi budaya dan kewarganegaraan.
Kompotensi adalah seorang siswa mampu untuk memecahkan masalah kompleks seperti : komunikasi, kreative, berfikir kritis dan kolaborasi.
Penjelasan: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di cerminkan didalam pembelajaran HOTS menjadi panduan bagi guru untuk melakukan pembelajaran, hasil pembelajaran HOTS diukur dari perhitungan penilaian HOTS yang meliputi aspek, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bertujuan untu kengetahui indikator pencapaian kompotensi (IPK) dari sebuah kompotensi dasar (KD) yang diwakili oleh kata kerja operasional (KKO)
8. Bagaimana penggunaan aspek hots, 5m, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan abad 21 di dalam rpp proses yang d susun
Jawaban:
5×4=20
20+21=41
abcddregfrvgffjqojajao
9. rpp manakah yang lebih bagus. rpp yang berpusat pada guru atau rpp yang berpusat pada siswa. dan berikan alasannya.
Jawaban:
RPP yang lebih bagus adalah RPP yang berfokus pada siswa. Hal ini karena tujuan akhir pendidikan adalah siswa yang berkualitas. Sementara peran guru lebih terletak kepada pendamping.
Penjelasan:
RPP merupakan rencana pokok pembelajaran. Rencana dibuat dengan mempertimbangkan ilmu pengetahuan yang akan diwariskan kepada para peserta didik serta proses yang harus ditempuh. Sebuah RPP yang ideal adalah RPP yang menekankan pada siswa sebagai peserta didik, sembari menempatkan tenaga pengajar sebagai pembimbing atau pendamping mereka selama proses pendidikan.
Pelajari lebih lanjut tetnang materi RPP pada https://brainly.co.id/tugas/7905298
#BelajarBersamaBrainly
10. 1. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecakapan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?
Penjelasan:
maaf aku belum mendalami tentang itu
11. 1. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?
Pendidikan di abad 21 merupakan pendidikan yang menggabungkan pengetahuan keterampilan dan sikap yang bisa berkembang disistem pembelajaran yang berbasis aktivitas sesuai dengan kompotensi dan materi pembelajaran.
HOTS memiliki pembelajaran yang mencirikan pengetahuan, kreatif dan berfikir kritis serta menyelesaikan masalah. faktor yang meliputi peserta pendidikan ataupun pembelajaran yaitu prosedur konsep dan fakta.
Pembelajaran HOTS mempraktekkan kemampuannya di abad 21 ataupun 4C yaitu:
melakukan komunikasi berkolaborasi menyelesaikan masalah dan berfikir kritis inovatif dan kreatifDari penerapan HOTS tersebut bisa mempraktekan model pembelajaran seperti:
Pembelajaran yang meninjauPembelajaran berdasarkan masalah Pembelajaran berdasarkan proyekPendekatan 5 M yaitu :
Mengamati BertanyaMengumpulkan informasi Mengasosiasi/ menalar Memberikan komunikasiModel pembelajaran 5 M yaitu :
Pembelajaran/penemuanMasalah pembelajaran dasar Pembelajaran proyek dasarAtaupun menggunakan motode berdiskusi,sesi tanya jawab, bercerita dll
4 Dimensi
Dimensi proses kognitif yaitu :
C-1 : mengingat
C-2 : Memahami
C-3 : Menerapkan
C-4 : Menganalisis
C-5 : Mengevaluasi
C-6 : Mengreasi
Dimensi pengetahuan
Faktual Konsep prosedur MetakognitifKecakapan abad 21
Kualitas karakter adalah bagaimana seorang siswa mampu untuk bertahan dilingkungan yang dinamis seperti : mandiri, religius, nasionalisme, toleransi, integritas, gotong royong, peduli, tanggung jawab, kreatif, peduli lingkungan. Literasi dasar adalah bagaimana seorang siswa mampu menerapkan keterampilan dasar di lingkungan sehari-hari seperti : literasi berhitung, literasi sains, literasi baca tulis, literasi finansial, literasi teknologi informasi dan komunikasi dan literasi budaya dan kewarganegaraan. Kompotensi adalah seorang siswa mampu untuk memecahkan masalah kompleks seperti : komunikasi, kreative, berfikir kritis dan kolaborasi.Penjelasan: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di cerminkan didalam pembelajaran HOTS menjadi panduan bagi guru untuk melakukan pembelajaran, hasil pembelajaran HOTS diukur dari perhitungan penilaian HOTS yang meliputi aspek, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bertujuan untu kengetahui indikator pencapaian kompotensi (IPK) dari sebuah kompotensi dasar (KD) yang diwakili oleh kata kerja operasional (KKO)
Pelajari lebih lanjut
1. Penggunaan HOTS, 5M, 4 dimensi dan kecakapan abad 21 dalam RPP https://brainly.co.id/tugas/25167421
2. Penggunaan HOTS, 5M, 4 dimensi dan kecakapan abad 21 didalam RPP https://brainly.co.id/tugas/25226374
3. pengertian HOTS https://brainly.co.id/tugas/19698055
Detil jawaban
Kelas : VI (6 SD )
Mapel : B. Indonesia
Bab : Pendidikan
Kode : 6.1.5
Kata kunci : HOTS, 5M, 4 dimensi dan kecakapan abad 21
12. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 dimensi pengetahuan dan kecakapan Abad 21 didalam RPP yang disusun?
Jawaban:
Pembelajaran abad 21 secara sederhana diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik, yaitu 4C yang meliputi: (1) Communication (2) Collaboration, (3) Critical Thinking and problem solving, dan (4) Creative and Innovative. Berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi oleh Krathwoll dan Anderson, kemampuan yang perlu dicapai siswa bukan hanya LOTS (Lower Order Thinking Skills) yaitu C1 (mengetahui) dan C-2 (memahami), MOTS (Middle Order Thinking Skills) yaitu C3 (mengaplikasikan) dan C-4 (mengalisis), tetapi juga harus ada peningkatan sampai HOTS (Higher Order Thinking Skills), yaitu C-5 (mengevaluasi), dan C-6 (mengkreasi).
Untuk mewujudkan hal tersebut di atas, maka guru sebagai ujung tombak pebelajaran harus mampu merencanakan dan melaksanakan PBM yang berkualitas dan guru harus memiliki keterampilan proses yang baik dalam pembelajaran.
Penjelasan:
13. apa perbedaan RPP rutin dengan RPP ptk
RPP merupakan singkatan dari RancanganPelaksanaanPembelajaran. Seorang guru wajib membuat RPP sebelum masuk ke kelas dan melakukan pengajaran kepada para siswa. RPP sangat penting karena RPP merupakan panduan seorang guru dalam mengajar agar hasil dari pengajaran dan pembelajaran di kelas dapat sesuai yang diharapkan. Berikut ini perbedaan dari RPP rutin dan RPP PTK, yaitu:
RPP rutin dibuat sekali dan akan dievaluasi setelah selesai satu periode pengajaran. Satu periode pengajaran berlangsung selama satu semester.RPP PTK sangat mungkin terjadi perubahan dari rencana awal. PTK adalah sebuah penelitian tindakan kelas yang diadakan dalam bentuk cycle atau periodependek. Dalam satu periode pengajaran biasanya hanya terdiri dari beberapa pertemuan. RPP PTK akan berubah dan mengambil masukan dari periodepengajaransebelumnya. PembahasanRPP berisi berbagai macam hal terkait dengan pengajaran di kelas. Di dalam RPP terdapat tujuan pembelajaran, hasil yang diharapkan dari proses pengajaran, metodepengajaran, dan metodeevaluasi dari sebuah proses pengajaran dan pembelajaran di kelas.
Seorang guru perlu membuat RPP sebelum mulai mengajar. Mengajar para siswa tanpaRPP akan membuat aktivitas pengajaran dan pembelajaran di kelas kurangterarah. Hal ini disebabkan guru tidak mempunyai pegangan yang jelas akan proses pembelajaran yang harus dilakukan. RPP akan membuat guru mengajar lebih runtut, sistematis dan efektif.
Pelajari lebih lanjutPengertian dari RPP https://brainly.co.id/tugas/5732581Fungsi dan Kegunaan RPP https://brainly.co.id/tugas/4385993Manfaat Media Pembelajaran pada KBM https://brainly.co.id/tugas/45312010Detail jawabanKelas: VI
Mapel: Umum
Bab: Tugas Guru dan Penelitian Tindakan Kelas
Kode: -
#AyoBelajar #SPJ2
14. Siapkan RPP yang sudah pernah Saudara kembangkan di sekolah, cermati RPP tersebut berdasarkan kelengkapan komponen, format RPP yang digunakan serta kesesuaian antar komponen dari RPP tersebut. Buat catatan-catatan dari hasil pencermatan RPP tersebut, kemudian buatlah RPP baru (rancangan pembelajaran baru) berdasarkan perbaikan dari hasil pencermatan tersebut.
jawabanterbaikkayanya
kurikurum baru dan cara belajar /materi nya berbeda
15. apakah saya bisa mendapatkan RPP mapel bahasa inggris SMP dalam bahasa inggris?
Jawaban:
Can I get a junior high school English lesson plan in English?
Penjelasan:
maaf kalau salah
Jawaban:
bisa
bisa asalkan anda giat belajar bahasa inggris
Posting Komentar untuk "Rpp Abad 21 Smp"